Manifest Penerbangan Airasia QZ8501


 Inilah daftar manifest pesawat Airasia QZ8501.

Ketika terjadi sebuah kecelakaan moda transportasi, tentunya  semua  akan tertuju kepada yang namanya Manifest penumpang. Namun, bicara mengenai manifest penumpang, biasanya akan lebih ditujukan kepada manifest penerbangan,seperti halnya yang terjadi pada manifest penumpang Arasia QZ8501,jurusan Surabaya-Singapura yang mengalami kecelakaan. Dalam manifest,disebutkan total penumpang berjumlah 155 penumpang dengan rincian 138 penumpang dewasa,26 penumpang anak-anak dan 1 penumpang bayi.
Manifest penumpang adalah merupakan dokumen yang berisi data jumlah penumpang pada suatu maskapai penerbangan pada jadwal tertentu. Data-data ini diambil pada saat cek masuk bandara( check in bandara). Informasi data  berisi nama penumpang,bandara asal,tanggal keberangkatan,jam keberangkatan,bandara tujuan dan nomor tiket. Jumlah penumpang di dalam pesawat harus sesuai dengan manifest yang dikeluarkan oleh pihak mnaskapai,tidak boleh kurang dan juga lebih.
Manifest inilah yang menjadi sebuah rujukan apabila terjadi kecelakaan atau kejadian di dalam pesawat tersebut.Manifest menjadi data rujukan resmi untuk hal-hal seperti:
1. Mengetahui data penumpangg valid
2. Pengecekan data perjalanan dinas bagi pegawai pemerintah.
3. Menghindari penumpang fiktif dan tiket palsu
4. Untuk data klaim asuransi, apabila terjadi kecelakaan pesawat

Karena itu,manifest penerbangan merupakan dokumen yang sangat penting yang bagi pemerintah,airlines dan publik seperti halnya pada saat terjadi sebuah insiden kecelakaan pesawat.


Twitter Facebook Digg Favorites More