Jenis-Jenis Hotel Berdasarkan Lokasi

Hotel didefiniskan sebagai suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersil serta memenuhi ketentuan persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. Dilihat dari lokasi di mana hotel itu berada, hotel dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis:
1.City Hotel
   Adalah hotel yang terletak di dalam kota, di mana sebagian besar tamunya yang menginap melakukan kegiatan bisnis.
2. Resort Hotel
   Resort hotel adalah hotel yang terletak di kawasan wisata, di mana sebagian besar tamu yang menginap tidak melakukan kegiatan usaha akan tetapi lebih bertujuan untuk berlibur. Resort hotel banyak ragamnya yaitu: mountain hotel, beach hotel,lake hotel, hill hotel dan forest hotel.
3. Suburb Hotel
   Suburb hotel adalah hotel yang lokasinya di pinggiran kota, yang merupakan kota satelit yakni pertemuan antara dua kotamadya.
4. Urban Hotel
    Urban hotel adalah hotel yang berlokasi di pedesaan dan jauh dari kota besar at au hotel yang terletak di daerah perkotaan yang baru yang tadinya pedesaan.
5. Airport Hotel
   Airport hotel adalah hotel yang berada dalam satu kompleks bandara atau pelabuhan udara. Keberadaan airport hotel sangat membantu bagi para wisatawan atau tamu yang akan berkunjung ke suatu tempat wisata atau bisnis sebelum melanjutkan perjalanannya. Dewasa ini beberapa jaringan hotel besar telah membangun hotelnya di sekitar bandara untuk memenuhi kebutuhan akomodasi.
Demikian beberapa klasifikasi hotel berdasarkan lokasinya, meskipun demikian jenis hotel dapat digolongkan berdasarkan kasifikasi tingkatan bintang, faktor tujuan pemakaian dan berdasarkan faktor daya jual dan perencananaan penjualan (hotel plan usage).

Twitter Facebook Digg Favorites More